Rabu, 16 Mei 2012

Cara Pasang Kamera CCTV




Barangkali pembaca sedang mencari cara memasang kamera CCTV untuk rumah, kantor, toko, bengkel atupun gudang untuk keperluan keamanan ataupun memonitor aktifitas. Untuk melakukan pemasangan camera CCTV bisa dilakukan sendiri ataupun melalui jasa pemasangan ataupun bisa juga membeli perangkat CCTV sekalian pemasangannya.
Bila ingin memasang kamera CCTV sendiri maka perangkat yang mesti disediakan adalah kamera CCTV, CCTV DVR, TV Monitor, kabel RCA, kabel RG 59, konektor/ jack BNC & RCA dan kabel Listrik. Sebelum membeli perangkat kamera pengintai dan perangkat pendukungnya sebaiknya tentukan lokasi penempatan monitor & DVR dan titik lokasi rencana pemasangannya, karena penempatan lokasi kamera berpengaruh terhadap kebutuhan panjang kabel, jenis kamera yang dibutuhkan dan juga jumlah kamera yang dibutuhkan.
Meskipun setiap vendor kamera ataupun DVR memiliki manual instalasi yang berbeda akan tetapi pada prinsipnya tidak jauh berbeda, berikut Tips Cara Pasang Kamera CCTV Sendiri :
Kamera CCTV ( Closed Circuit Tele Vision )
Untuk memilih perangkat camera CCTV ada baiknya pertimbangkan beberapa feature seperti ; kemampuan maksimal jarak tangkap kamera, kemampuan kamera menangkap gambar diruang gelap ataupun malam hari, waterproof, dan juga kualitas hasil dari kamera.
Kamera CCTV memiliki dua kabel yaitu kabel yang terhubung dengan kabel standard CCTV dan kabel power. Kabel power dihubungkan dengan adaptor sedangkan kabel yang satunya dihubungkan dengan konektor yang terhubung dengan kabel RG 59 menuju channel kamera pada DVR.
DVR (Digital Video Recorder )
Untuk memilih perangkat DVR yang umum ditanyakan adalah jumlah channel kamera ( misalnya : 4 channel, 8 channel ), kapasitas hard disk, jumlah slot hard disk, dan juga fitur monitoring CCTV via internet ( sebaiknya konsultasikan pada ahlinya karena semakin lengkap fitur harganya beda.
Untuk instalasinya tidak rumit anda hanya perlu menghubungkan sejumlah slot channel kamera dengan kamera CCTV yang telah terpasang, kemudian menghubungkan TV monitor ke DVR, dan masukkan kabel power ke stopkontak listrik, ……..pencet tombol Power “ON”. Pilih channel AV pada monitor bila hasil pantauan kamera sudah ditampilkan dimonitor…… jangan lupa aktifkan tombol “REC” pada DVR agar hasil pantauan kamera CCTV direkam oleh DVR.
Contoh Skema atau diagram pemasangan CCTV 4 kamera :

Terimakasih telah singgah semoga dapat membantu

1 komentar:

Amelia Digital Visual mengatakan...

Terimakasih gan, sangat membantu nih cara pasang camera cctv, bagi kita dan juga orang lain yang ingin pasang cctv di rumah atau kantornya.