Selasa, 06 Oktober 2015

Menggunakan Windows 8 Dengan Efisien

 
Gunakan Shortcut 



Windows 8 dan 8.1 memiliki banyak shortcut, seperti shortcut keyboard, mouse gesture, touchscreen gesture hingga special trackpad edge gesture. Gunakan fitur shortcut ini untuk meningkatkan efisiensi penggunaan. Contohnya, ketika kamu mau buka Settings pada PC yang bukan touch screen. Kamu dapat menggerakkan mouse ke pojok kanan atas atau bawah, gerakkan mouse ke bagian tengah kanan kemudian klik tombol Settings ketika bar charm muncul.


Sebagian orang berpendapat bahwa Windows 8 terasa lebih lambat daripada Windows 7. Hal ini mungkin disebabkan karena kamu belum terbiasa dengan berbagai fungsi yang ada di OS terbaru Microsoft ini. Namun tahukan kamu bahwa terdapat berbagai trik untuk menggunakan Windows 8? Berbagai gesture dan tweak bisa kamu lakukan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan Windows 8. Performa Windows 8 bahkan bisa jauh lebih baik dan lebih cepat daripada Windows 7, terutama untuk waktu boot.

Mengatasi Hilangnya Tombol Start, Boot to Desktop

 
Masalah terbesar yang dihadapi pengguna baru Windows 8 mungkin adalah layar Start yang menggantikan menu Start yang membingungkan bagi beberapa orang dan memperlambat kinerja. Windows 8.1 menambahkan tombol Start di taskbar desktop, namun secara default kamu hanya akan dihadapkan pada layar Start. Untungnya, Windows 8.1 memiliki berbagai pilihan desktop-integration yang memungkinkan kamu, menampilkan background desktop di layar Start, menampilkan apps ketika buka layar Start dan disable hot corner yang mungkin mengganggu bagi sebagian orang. Dengan sedikit tweaking, kamu bisa membuat menu Start yang paling cocok untuk kamu sendiri.
Searching adalah adalah cara paling cepat untuk membuka apps, setting dan file. Tekan tombol Windows untuk akses layar Start dan ketikkan nama program untuk mencarinya. Contohnya, kamu bisa dengan mudah dan cepat menjalankan Firefox dari desktop hanya dengan menekan tombol Windows, ketik firef dan tekan Enter. Windows 8.1 meningkatkan berbagai aspek dengan menambahkan unified search dan memungkinkan kamu untuk tekan tombol Windows + S untuk membuka kotak search di sidebar sehingga kamu bisa mencari dan membuka program dengan cepat tanpa harus membuka layar Start
.

Pin application di desktop juga membantu. Ketika sebuah aplikasi berjalan, klik kanan dan pilih Pin to taskbar untuk membuatnya selalu muncul di taskbar sehingga bisa kamu jalankan dengan mudah tanpa meninggalkan desktop. Buat kamu yang ingin menggunakan menu Start model lama, install aplikasi pihak ketiga untuk Windows 8 yang saat ini sudah banyak tersedia.
Kamu juga bisa menggunakan keyboard dengan menekan tombol Windows + C dan klik Settings. Jika kamu mengetahui semua shortcut, tekan saja tombol Windows + I untuk membuka Settings charm secara cepat.Masih banyak shortcut Windows dan gesture lain yang bisa kamu gunakan. Jika kamu merasa terganggu dengan gesture yang ada, kamu bisa menonaktifkan fitur ini melalui taskbar properties.

Shut Down dengan Cepat

 
Pilihan “Shut Down” tidak dapat dengan mudah kamu temukan di Windows 8, karena sepertinya Microsoft tidak ingin kamu mematikan komputer. Hal ini mungkin karena pemikiran bahwa orang-orang tidak mematikan iPad, lalu kenapa mereka mematikan tablet Windows?
Pada Windows 8.1, kamu bisa mematikan komputer melalui menu power user. Klik kanan di pojok kiri bawah layar, atau tekan tombol Windows+X dan pilih Shut Down.
Punya tips menggunakan Windows 8 lainnya? Silakan share disini.

Tidak ada komentar: