Jumat, 06 November 2015

SETTING RADIO UBIQUITY POINT TO POINT

Kali ini saya akan coba untuk setting radio ubiquity sampai connect. Bahan  untuk mempraktekannya menggunakan produknya  Ubiquity. Produk ini cukup Populer di kalangan ISP selain performanya yang baik dalam komunkasi data, harganya juga terjangkau,(SETTING RADIO UBIQUITY POINT TO POINT)

Radio Ubiquity

Untuk bahan praktek kali ini saya menggunakan Radio dengan type :
  • Ubiquity Nano Statuon Loco M2 (2,4 GHz, 8dBi). Radio ubiquity yang ini akan di setting menjadi mode station.
  • Ubiquity Nano Station M2 (2,4 GHz 11 dBi) nah untuk ini saya jadikan sebagai mode Access Point.
Untuk  kedua Radio ubiquiti tersebut juga bisa di liat pada gambar di bawah ini :
NanoStation loco M2 yang pendek dan NanoStation M2 yang lebih panjang. (SETTING RADIO UBIQUITY POINT TO POINT)

Ubiquity-Point to Point

Sekarang saatnya kita Konfig kedua Radio tersebut agar kedua radio ubiquiti ini bisa saling terhubung satu sama lain  secara Point to Point.
1. Langsung saja di hubungkan radio ke POE, tapi sebelum di konfig kira kira topologinya seperti gambar dibawah ini. (SETTING RADIO UBIQUITY POINT TO POINT)
Topologi
Topologi Setting Radio UBNT

POE
Hubungkan Kabel Radio Ke POE
2. Setelah itu hubungkan kabel LAN nya ke Laptop agar bisa diremote, kemudian buka Web Browser .
untuk  IP defaultnya adalah : 192.168.1.20
username: ubnt
passwodnya: ubnt
ok saya akan login dan masuk ke radio ubiquiti. settingan pertama ini saya akan konfig Radio NanoStation M2 nya karena nanti yang ini akan dijadikan sebagai Access Point. (SETTING RADIO UBIQUITY POINT TO POINT)
Login Web Browser

3. Setelah jendela baru telah terbuka , Tab Main, terlihat kalau belum ada aktifitas Koneksi.
saya Akan buka Tab Wireless dan akan mengkonfigurasinya, perhatikan dengan seksema. (SETTING RADIO UBIQUITY POINT TO POINT)

Wireless

4. Coba Perhatikan gambar di atas ini, Wireless Modenya saya buat Access Point, Mengapa? Karena Centralnya nnti ya ini jadi station yang nanti bakal di buat akan di arahkan ke radio ini biar saling terhubung.
Country Mode : nah ini saya buat saja Compleance Test,
karena saya sudah pernah coba klw indonesia yang di pilih tidak akan bisa Conect, jadi untuk amannya, saya pilih saja Compleance Test,sebab nya belum pasti tapi bakal saya cari tau.
untuk Chanelnya, saya main di 20 MHz, karena untuk test saja , tapi ini berpengaruh klw di lapangan,
sesuaikan Chanel dengan kondisi di lapangan jagan sampai Tumpang tindih Freqeunsy alias Interfrensi  Nah untuk Frequnsynya juga sama,
Frequnsy 2592 itu saya pakai karena ya ini kan cuma Peraktek jadi jelas Frequnsy apa pun yang saya pakai tetap aja gk bakal Interferansi, Tapi kalaw Di lapangan ini yang perlu di perhatian harus teliti dalam mencari  Frequnsy yang cocok di lapangan,
apa lagi kondisi Di Kota, banyak Komunikasi Udara nya jadi sangat besar terjadinya Interferensi, jadi carilah frequensy yg kosong.
untuk Output Power nya saya gunakan 22 dBm saja
sebetulnya lebih rendah juga tidak masalah, sesuaikan dengan jarak Radio lawan. Jika semakin jauh tambah powernya, klw dekat pakai powernya lebih rendah Tapi sesuaikan juga.
5. Kemudian Set Wireless Security nya
jadi klw radio ingin Conect dengan radio lawannya dia harus memasukkan Key yang sama dengan radio lawan tersebut, itu berguna nanti saat station ingin terhubung dengan radio lawannya (AP Mode).
Setelah selesai klik Change dan Apply.(SETTING RADIO UBIQUITY POINT TO POINT)
6. Masuk Ke Tab Network
Isi semua data yang di perlukan, disini saya buat Bridge saja, lain waktu kita buat mode router (Lain waktu tapi ya :D)

Ip Address

Kalaw suda Klik Changge dan Apply.
7. Setelah itu masuk ke Tab Service
Saya akan merubah nama radionya  serta pasword dan username defaultnya.
NS10

kalaw uda klik Change dan Apply,
untuk yang AP nya uda Selesai, sekarang kita setting yang stationnya (NanoStationloco M2). saya sudah menghubungkan kabel jumper ke POE yang menuju ke Radio Satunya lagi (Nano Station loco M2) terhubung langsung ke Laptop saya.
Ok Web Browser saya buka dan akan membuka GUI nya si NanoStationloco ini.
Konfigurasinya Hampir sama seperti yang sebelumnya cuma beda Mode. kalau yang tadikan Mode Access Point, nah kalaw yang ini Mode Station,
Chanelnya sama Frequnsy nya juga harus sama, kalaw beda, si Access Point tidak akan bisa terbaca saat kita scan. (SETTING RADIO UBIQUITY POINT TO POINT)
8. Oke langsung saja kita buat.karena belum ada di config sebelumnya kita ketik di web Browser
IP 192.168.1.20
User Name :ubnt
Password: ubnt
Langsung menuju Tab Network dan setting IP nya.
kalaw yang tadi kan 192.168.1.20 (saya biarkan saja Default untuk yang Mode Access Point tadi) kalaw yang ini 192.168.1.21 dan menuju Gateway 192.168.1.254

Gateway

Network Mode biar kan saja Bridge, (sama dengan yang di AP) setelah terisi klik Change dan Apply.
9. Kemudian masuk ke Tab Wireless
Karena ini akan di jadikan Station jadi Wireless Modenya saya buat Station Chanelnya 20 Mhz dan Frequensynya 2592 (Harus sama dengan yang di Access Point supaya waktu di Scan bisa terbaca)
dan satu lagi yang penting untuk Wireless Securitynya harus di samakan dengan Access Point supaya bisa saling terhubung.
klw yang di AP tadi securitynya WPA2-AES keynya urbandistro.com nah yang ini juga harus sama. seperti gambar di bawah ini untuk konfig Stationnya.(SETTING RADIO UBIQUITY POINT TO POINT)

Station

Kalaw sudah Klik Change Dulu kemudian Apply.
10. Setelah itu di sebeleah SSID ada Tombol Select nah itulah nanti Tombol yang akan mepertemukan si AP dan Si Station ini.
oke saya klik apakah Si AP sinyalnya sudah terhubung ke Station, saatnya kita scan….

Chanel Radio Ubiquity
11. Setelah di Scan SSID yang telah saya beri tadi di Access Point (urbandistro_AP) telah muncul dan tinggal di Conectkan saja,
klik dulu, klw sudah klik “Lock to Ap” untuk melihat aktifitasnya pindah ke Tab Main

Setting Radio Ubiquity
bisa di lihat dengan jelas bahwa kedua Radio sudah saling terhubung dan CCQ nya juga bagus bekisar 96,1 % , minimal CCQ  di bilang bagus sekitar 70 % keatas, jika di bawah itu, Kualitas dalam Pengiriman Data bakalan lambat. saya akan test Ping ke Radio lawan

Ping
Lihat Kedua radio sudah saling terhubung dan sudah bisa bertukar Data dari yang satu dengan yang lainnya
kalaw kita buka Radio yang Mode Access Point tadi, Di Tab bawah ada Menu Station jika di klik bakalan muncul, radio mana aja yang terhubung ke dia, Seperti gambar di bawah ini

Tutorial Radio
Setting basic Radio ubiquiti nya sudah  selesai, Semoga Bermanfaat.

Source -  urbandistro

Tidak ada komentar: