Minggu, 05 Juli 2015

Cara mengatasi Android Bootloop


cara mengatasi android bootloop

Bagaimana sih cara mengatasi HP/Tablet Android mati total, sama sekali tidak mau restart..langsung saja kita bahas tipsnya ya.
Anda bisa melakukan “Factory Reset” dengan melalui cara Recovery Mode.
Recovery Mode adalah, merupakan sebuah menu pilihan yang dapat dipakai sebagai slah stau cara untuk memperbaiki kerusakan software pada Android.
Namun demikian, tak semua HP/tablet Android terdapat pilihan menu tersebut, sebagai alternatifnya Anda bisa memanfaatkan software dari pihak lain, seperti ClockwordMod Recovery atau xRecovery .
Masih bingung dengan istilah Recovery Mode ?. Berikut ini beberapa kegunaan atau fungsi Recovery Mode yang bisa dimanfaatkan, terutama jika Anda mengalami masalah dengan smartphone Android berikut ini :
1. Tablet atau HP Android tidak bisa start atau berhenti dan sampai di logo saja (biasa disebut bootloop Android). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya akibat ada aplikasi error, bisa juga karena baru saja menginstall aplikasi yang tidak cocok dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
2. HP Android /tablet/smartphone Android bisa dihidupkan, namun tidak mampu merespon input dari pengguna, seperti layar Android tidak mau disentuh atau tidak mau masuk ke menu telepon / tablet.
3. Jika Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang berakibat tidak dapat masuk ke menu.
4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.

Cara Mengatasi Android bootloop, mati total, tidak mau start

Berikut ini cara melakukan factory reset melalui prosedur recovery mode kami jelaskan agar dapat membantu mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi . Ada dua langkah yang harus dilakukan sebagai berikut.
Langkah pertama : Masuk ke recovery mode
Bagaimana cara masuk ke menu recovery mode Android : silahkan matikan dulu handphone / tabletnya > tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) > selanjutnya masuk ke dalam recovery mode.
Note: Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan) bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.
Ingat, bentuk dan tampilan Recovery mode hanya berupa tulisan saja. Setelah masuk pada menu recovery mode, biasanya Anda tidak bisa memakai touch screen, dalam hal ini touch screen sudah tidak berfungsi. Jadi, untuk keperluan navigasi naik dan turun untuk melakukan pilihan menu berikutnya, Anda bisa menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).
Langkah kedua : Wipe Data / Factory Reset
Pada saat Anda sudah berada pada menu recovery mode, Anda bisa memilih opsi “Wipe Data / Factory Reset” , kemudian lakukan restart smartphone Anda.
Sebagai contoh, maka disini akan kami berikan sedikit penjelasan cara melakukan factory reset pada HP Android Samsung Galaxy Young:
1. Daya baterai usahakan masih cukup (minimal 70%)
2. Matikan handphone
3. Tekan secara bersamaan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power beberapa detik > selanjutnya masuk ke menu recovery mode Android
4. Gunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “Factory reset / wipe data
5. Tekan tombol HOME untuk memulai proses > tunggu sesaat, dan harap sabar saat proses berlangsung
6. Reboot atau Restart smartphone android Samsung Galaxy Young Anda.
Jika HP Android atau Tablet Anda mengalami masalah boot loop , atau Anda lupa dengan password atau pengunci pola handphone Android, salah satu cara memperbaikinya adalah dengan masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data.
Dan untuk bisa masuk ke dalam menu Recovery Mode, hanya dapat dilakukan pada kondisi handphone mati (off)
Namun jika masalah HP Android Bootloop, demikian juga masalah Android tetap tidak bisa masuk ke menu, tidak bisa dipecahkan dengan cara melakukan factory reset, maka cara mengatasinya adalah dengan cara melakukan flash firmware, atau install ulang sistem operasi handphone).
Bagaimana, apakah penjelasan tentang cara mengatasi android bootloop, mati total, dan tidak mau start, dapat memberi solusi bagi masalah smartphone android yang sedang Anda hadapi.

Tidak ada komentar: