Rabu, 18 Februari 2015

Menghidupkan kembali VGA Card yang rusak atau mati total


Ilustrasi
Terkadang kita merasa kesal terhadap sebuah hardware komputer, terutama apabila ketika kita menggunakannya tiba-tiba saja hardware itu bermasalah alias mati atau bekerja kurang normal. sebenarnya hal tersebut tidak masalah apabila kita memiliki cukup uang, sehingga kita bisa membeli perangkat keras yang baru untuk menggantikan yang rusak. namun apa salahnya apabila kita bisa memperbaikinya sendiri, selain lebih hemat. tentu saja menambaha ilmu pengetahuan kita :D.
kali ini saya akan memberikan sebuah tips yang mungkin akan anda butuhkan pasa suatu saat nanti (memeperbaiki hardware komputer). dalam hal ini bahasan saya adalah mengenai kerusakan
VGA card.
Sebelum membahas trik memperbaikinya ada baiknya kita mengetahui dulu apa penyebab dari kerusakan VGA card tersebut. ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rusaknya sebuah kartu grafis (VGA CARD) yaitu antara lain adalah:
Faktor umur (usia pakai).
tentu saja kita sudah paham soal yang satu ini, ketika sebuah VGA card sudah memiliki masa usia pakai yang lama (3 - 6 tahun), tentu saja perangkat tersebut mengalami penurunan kinerja dikarenakan faktor pemakaian. dan harus kita fahami bahwa setiap komponen elektronika memiliki umur pakai (terbatas usia pakainya).
Faktor kelalaian penggunaan
penyebab kerusakan VGA card terkadang terjadi akibat kesalahan dari pengguna komputer, contohnya, kesalahan pemasangan/ tidak pas ketika memasangnya pada mainboard. komponen elektronik pada VGA ada yang terlepas, VGA terjatuh atau bahkan terkena cairan.
Dan terkadang penggunaan PSU yang dibawah standar dapat juga menimbulkan masalah pada VGA card.
Panas yang berlebih (overheat)
seiring dengan berjalannya waktu, komponen pada VGA card dapat mengalami penurunan kinerja dan biasanya VGA card juga menghasilkan panas yang berlebih, hal ini dapat juga mempengaruhi umur dari sebuah VGA CARD. anda mungkin tahu bahwa setiap komponen elektronika memiliki suhu kerja masing-masing, dan ketika komponen tersebut bekerja pada suhu di atas suhu kerja normal. maka hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari komponen tersebut. hal tersebut dapat kita rasakan pada performa VGA Card yang mengalami penurunan kinerja ketika overheat. biasanya ciri-cirinya adalah tampilan gambar yang semula normal menjadi patah-patah, terkadang kesalahn penampilan warna, atau bahkan freeze. 
nah setelah barulah kita mulai berbicara mengenai trik memperbaiki VGA Card yang rusak atau bahkan mati total.
Proses perbaikannya sebenarnya sangatlah simple, pada dasanya kita hanya memanaskan ulang komponen yang berada pada sebuah VGA Card. ada dua metode yang dapat kita tempuh, yaitu dengan menggunakan HOT AIR GUN atau menggunakan OVEN. ya sebuah OVEN atau bahkan sebuah panci aluminium yang biasa digunakan untuk memasak air, hahahahaha XD~.
PERAHATIAN!! SAYA TIDAK DAPAT MENJANJIKAN 100% TRIK INI DAPAT BERHASIL, LAKUKAN DENGAN HATI-HATI DAN RESIKO DARI TRIK INI ANDA TANGGUNG SENDIRI.
Pemanasan VGA Card dengan hot air gun
yang pertama yaitu dengan menggunakan hot air gun, adalah merupakan sebuah alat yang biasanya digunakan dalam kegiatan servis perangkat elektronika, umumnya bisa di jumpai pada servis handphone. cara kerja alat ini adalah dengan meniupkan udara panas yang mampu mencairkan timah, sehingga hanya dengan memanfaatkan uap panas yang ada kita dapat menyambungkan suatu komponen ke sebuah PCB. 
apabila kita mempunyai alat tersebut kita dapat mencoba menggunakannya, adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • nyalakan hot air gun
  • set suhu hingga 100 derajat celcius
  • set agar hembusan angin tidak terlalu kencang agar ketika hawa panas menerpa PCB, sehingga tidak ada komponen yang akan mungkin terlepas karena kencangnya hembusan angin dari hot air gun yang kita gunakan.
  • lepaskan heatsink atau pendingin yang ada pada VGA card
  • lindungi bagian yang mungkin akan terbakar atau meleleh sewaktu melakukan proses ini, misalnya kapasitor atau konektor plastik. untuk melindunginya anda dapat menggunakan plat seng tipis yang disesuaikan denga kebutuhan.
  • panaskan bagian chip memory dan chip BGA (chip VGA/GPU)
  • jangan terlalu lama melakukan hal ini, kerena tujuan utama kita adalah hanya untuk memanaskan kembali kaki sambungan chip yang terhubung ke pcb. agar solderan tersebut dapat menempel erat kembali.
Bagian VGA Card yang perlu di panaskan
  • tunggu beberapa saat hingga VGA menjadi dingin
  • setelah dingin kita pasang kembali perlengkapan VGA tersebut  (solder kembali kapasitor pada tempatnya, jangna lupa kutub positif dan negatifnya. pasang kembali heatsink pada tempatnya dan konektor yang sebelumnya kita lepas).
  • uji coba vga card tersebut pada komputer kita.

Tidak ada komentar: